.:Welcome To Website STMIK Triguna Dharma:.
   Asal Usul Kata Robot
2012-06-21 11:29:36

Kata robot diciptakan oleh seniman bernama Josef Capek, yang merupakan saudara dari penulis terkenal asal Cekoslovakia, Karel Capek. Karel Capek adalah, seorang penulis fiksi ilmiah, ia memperkenalkan kata robot ini dalam sebuah drama yang berjudul R.U.R. Judul penuh drama tersebut setelah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris adalah Rossum’s Universal Robots, yang memulai debutnya pada bulan Januari 1921.

 

Saat Karel Capek menulis naskah drama ini dan mencari sebuah kata yang tepat untuk menamakan karakter dalam ceritanya, awalnya ia menetapkan kata "laboři", yang berasal dari kata Latin "labor" yang artinya "pekerja". Dia lalu membicarakan hal ini dengan saudaranya, Josef, dan Josef menyarankan kata "roboti", yang berasal dari istilah Gereja Slavanic "rabota", yang berarti "perbudakan".

 

Robot dalam R.U.R bukalah suatu hal yang mekanis, seperti robot yang kita pikirkan hari ini. Mereka sebenarnya tidak begitu berbeda dari manusia sendiri. Mereka adalah makhluk biologis yang diciptakan untuk melakukan pekerjaan untuk manusia, dan tidak dapat dibedakan dari manusia dalam segi penampilan maupun kemampuan kognitif.

 

Dalam cerita pada drama tersebut, akhirnya robot menjadi dimana-mana, dan mengambil alih hampir semua pekerjaan untuk umat manusia. Sampai pada titik tertentu, mereka menjadi muak melakukan semua pekerjaan untuk manusia yang malas dan tidak memberi kontribusi apapun kepada dunia. Karena saking malasnya populasi manusia mulai menyusut karena manusia telah lupa bagaimana cara untuk bereproduksi. Sehingga para robot pun memutuskan untuk membunuh semua orang, kecuali satu manusia yang masih tetap bekerja.

 

Tepat sebelum mereka selesai membunuh semua manusia, sang pencipta robot menghancurkan formula yang digunakan untuk menciptakan robot baru. Robot kemudian meminta kepada satu-satunya manusia yang tersisa tadi untuk menciptakan formula tersebut kembali dengan menggunakan cara apapun yang diperlukan, bahkan jika perlu, membunuh robot untuk membedah mereka. Manusia tersebut akhirnya gagal, tapi dua dari robot akhirnya saling jatuh cinta dan akhirnya drama ini berakhir dengan kesan bahwa mereka akan berkembang biak dan menjadi dasar bagi sebuah peradaban baru.

 

Robot dalam cerita ini sebenarnya lebih menyerupai apa yang sekarang kita sebut dengan "android". Jika anda juga penasaran dengan asal usul kata android, dokumentasi dari penyebutan pertama kata "android" adalah berasal dari ensiklopedi Efraim Chambers yang berasal dari abad 18. Dimana ia menulis, "Albertus Magnus tercatat sebagai orang yang menciptakan android yang terkenal". Android sendiri berasal dari bahasa Yunani ὰνδρο (andro-), yang berarti "manusia", dan akhiran-ειδῄς (-eides), yang berarti "bentuk, rupa, penampilan, atau kemiripan", maka definisi android adalah "yang menyerupai manusia ".

 

Referensi android di ensiklopedi yang konon (penekanan pada kata "konon") dibuat oleh filsuf Jerman, Albertus Magnus, adalah makhluk buatan yang ia buat dengan menggunakan "malaikat dari dunia lain" dan kekuatan batu filsuf yang ia ciptakan dari "logam dan bahan yang tidak diketahui dari dunia lain...". Proyek ini dikatakan membutuhkan waktu 30 tahun untuk berhasil, dan ketika ia menyelesaikan androidnya, muridnya yang bernama St Thomas, konon akhirnya menghancurkan makhluk ini karena dinilai merupakan alat setan yang menghujat Tuhan.

 
Sumber referensi: http://www.berbagaihal.com/2012/06/asal-usul-kata-robot.html